Pengalaman memperpanjang sim dan makeup tips biar foto sim gak jelek jelek amat

Tuesday, September 06, 2016

Okeh, jadi postingan kali ini adalah edisi curhat gimana susahnya mengurus perpanjangan sim tanpa calo.

aslinya gue sempet nyerah karena males sama ribetnya tapi berhubung saya orang yang sering banget kena razia dari pada bangkrut kena tilang yaudah lah, bikin sim aja.....

Awalnya di ingetin sama si-Bapak kalo Sim ku udah mau kedaluarsa. Kata bapak, kalo telat memperpanjang sim harus tes ulang. Dari pada gue tes lagi yang pastinya rempong (dan mahalnya) naujubilah, gue berangkat nyari samsat deket kantor.

Lokasi sekarang gue kerja di Pasuruan kota (tapi KTP masih ikut kabupaten)

cap cuss ke  Samsat pasuruan kota niatnya cuma sekedar tanya-tanya sih. 

bapak polisi samsat yang pake baju olahraga (bpsypbo): iya, ada yang bisa saya bantu
gue: mau nanya mengenai perpanjangan sim pak
bpsypbo; bisa saya lihat simnya
gue: *ngasih sim*
bpsypbo: ini masih kurang 3 minggu mbak, nanti kesini lagi kalau sudah kurang dua mingguan lah
gue: oooo, gitu ya pak, syaratnya apa aja pak?
bpsypbo: nanti fotokopi sim dan ktp 4x sama surat kesehatan, suratnya bisa di pukesmas mana aja
gue: oke pak makasiiiii :-*

*******intermezzo1
pas ane ke pukesmas terdekat buat minta surat kesehatan untuk perpanjangan sim, kaga di kasih sama petugas puskesmasnya, katanya harus ke tempat yang di tunjuk yaitu ruangan di dekat rm sakinah (sebrang samsat).

pas udah kurang 10 hari, ane ke samsat lagi, pas tes kesehatan di minta menunjukkan ktp, dan.... eng ing eng, karena ktp ane kabupaten, perpanjangan sim harus dilakukan di tempat ane tes sim dulu di polres (apa polsek ya? lupa namanya) di kota Bangil (sebelunya ane konfirm kalo udah boleh minta perpanjangan engga, kata abang tes kesehatan boleh) jadi besoknya ane izin ngambil libur buat perpanjangan sim di Bangil.


*******intermezzo2
Demi apa jugak ane kena razia, pas di lihat sim ane, polisinya bilang "mbak, ini simnya sudah mau kedaluarsa, segera di perbarui ya, minimal seminggu sebelumnya lah jangan mepet mepet mbak"
dan esoknya ane cuss ke bangil

Ane ke bangil pas sim kedaluarsa min 7 hari. Setelah nanya lokasi perpanjangan sim sama pak parkir (bayar 2rebu di muka ya cuy) ane langsung ke tkp, masuknya aja uda antri, ada palang macem kalo mau bayar kasir matahari pas ada surabaya shopping festifal...  di karena ane datang pas jam 9 an, antri masuknya gak terlalu panjang.
Mas Polisi Yang Jaga Pintu : ada keperluan apa mbak?
ane: mau memperpanjang sim pak,  ****nyodorin sim
MPYJP: ini habisnya masih 7 hari lagi mbak, kesini nya pas hari h aja
ane: #pasangmukacengo terus pulang

Dirumah ane di marahin bapak gara2 doi parno kalo ane balik pas hari h ternyata engga bisa selesai dan harus tes ulang seperti bikin sim baru. Alhasil tanggal 3/ hari sabtu ane di suruh balik ke bangil (soalnya temen bapak bisa memperpanjang sim walau jaraknya seminggu)

*****tanggal 3 ane balik ke Bangil dan minta keringanan agar bisa ngurus hari sabtu ini (secara jatah libur udah kepake sebelumnya, dan weekdays kan ane kerja  T.T) awalnya kaga di kasih tapi ane ngotot, Akhirnya di kasih note sama petugasnya di suruh balik tanggal 6. (yaudahlah, usaha sekali lagi... kalo masi ga bisa kelar, tanggal 7 ane pake calo dah #ngibar benderaputih)


****** tanggal 6
ane udah stanby di lokasi jam SETENGAH TUJUH PAGI, padahal tempatnya baru buka jam 7;45 (soalnya ga bisa izin telat lama-lama), Detik-detik sebelum pintu di buka ane liat antriannya udah mengularrr sekitar 50 orang. 

sempet ngobrol sama bapak sebelah, katanya doi dulu memperpangjang sim sendiri dan diputer2 sampe kelewatan tanggalnya, jadi harus tes lagi bayarnya habis 300 ribuan... (mampus deh gue kalo sampe telat)

Tapi ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Alhamdulillahnya ane di bolehin ngurus Sim H-1 :)))))

begitu masuk di kasih kalung nomer sama formulir perpanjangan. habis di isi di tumpuk di meja dicek kemudian di kasi nomer antrian.
untungnya ane bisa dapet nomer 1
BTW  berkas yang harus dilengkapi untuk perpanjangan sim antara lain:
1. fotokopi sim dan ktp 3 lembar (padahal di samsat kota minta 4 lembar)
2. Surat kesehatan (di sebelah apotek, nunjukin ktp, diukur tinggi, berat dan tekanan darah bayar 25.000)
3. Map Warna Biru untuk sim C (beli di fotokopi dalem harganya 3000, padahal di fotokopi biasa mah cuma gopek )
4. nantik di kasi plastik buat wadah sim asli sama di jepretin petugas pas ngecek berkas

Setelah berkas OK dan dapet nomer antrian, lanjut ke bagian Bank BRI. di sini ane bayar 75ribu rupiah
tarif sim terbaru

setelah bayar di minta ke ruang foto, Fotonya pake blitz dan ane pake cushion etude house yang hasilnya dewy sama blush on stick yang ada shimmernya....
proses fotonya cuma sekian detik selesai,  habis foto tiba tiba ada firasat buruk....

Tinggal nunggu Sim jadi...

begitu nama gue di panggil, ane di suruh tanda tangan di buku penerimaan dan bayar 5000 buat tempat simnya (yang kaya dompet kulit imitasi ada logonya, bagus sih, tapi gak bakal kepake soalnya pasti ane masukin dompet).....

pas ane liat hasil fotonya, Sumvahhh ane syokk

hasilnya macam foto kartun nabi yang mukanya di gambarkan dengan cahaya...
efek dewy makeup+ bluson shimmer + blitsz kamera....
muke gue ilang bagian tengahnya (gak cuma whitecast, tapi pipi da jidat gue jadi putih ilang warnanya >,<)
jadi kalo mau foto sim, pastiin pake makeup yang matte (T.T)


#maunangis, tapi yaudah lah yang penting sekarang sim udah engga kedaluarsa
#habis itu ngebut kayak orang dikejar setan balik ke tempat kerja.
#untung kaga dimarahi
#untung kaga dipecat >,<


*note: dengan antrian nomer satu Sim bisa selesai sekitar jam 8:50
#kerja bagus pak pol :)








You Might Also Like

0 comments

Popular Posts